RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
JENIS
SEKOLAH :
MATA
PELAJARAN :
PPKn
KELAS/SEMESTER : X / GANJIL
TAHUN : 2016 / 2017
ALOKASI
WAKTU : 30 MENIT
I. KOMPETENSI INTI
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianut
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsive dan pro aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,kenegaraan
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkrit dan ranah abstrak dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
disekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
II. KOMPETENSI DASAR
3.6 Menganalisis
kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga Negara.
4.6 Menyaji
analisis penanganan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai
warga Negara.
III.
INDIKATOR
2.1.1 Menjelaskan
pengertian HAM.
2.1.2 Menyebutkan
beberapa kasus pelanggaran HAM.
2.1.3 Mengungkapkan
sebab terjadinya kasus-kasus pelanggaran HAM.
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi peserta didik
dapat:
2.1.1 Menjelaskan
pengertian HAM.
2.1.2 Menganalisis
kasus-kasus pelanggaran HAM.
2.1.3 Mengungkapkan
sebab terjadinya kasus-kasus pelanggaran HAM.
Melalui proses mencoba,
mengasosiasi, dan mengkomunikasikan peserta didik dapat :
2.1.4 Mengamati
data kasus-kasus pelanggaran HAM.
2.1.5 Mengolah
data berkaitan dengan kasus pelanggaran HAM.
2.1.6 Menyajikan
hasil laporan.
V.
MATERI PEMBELAJARAN
Fakta
·
Kasus pelanggaran HAM di Indonesia
(contoh kasus 12 Mei 1998)
·
Kasus pelanggaran HAM di lingkungan
setempat ( contoh kasus Kedung ombo, tanah merah, tanjung priok)
Konsep
·
Pengertian HAM.
·
Penggolongan HAM.
·
Pelanggaran HAM.
VI.
METODE PEMBELAJARAN
1. Strategi : PBL
2. Pendekatan
:
Saintifik
3. Metode : Pengamatan, diskusi
kelompok, presentasi, penugasan.
VII.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
FASE
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
AWAL
|
1. Peserta
didik merespon salam, doa bersama dan merespon pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
2. Peserta
didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan
materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya yakni sistem peradilan
Indonesia.
3. Peserta
didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan,
manfaat, dan langkah pembelajaran serta metode yang akan dilaksanakan.
4. Appersepsi
:
Guru melakukan pre
test, untuk menjajagi kesiapan siswa tentang materi yang akan dibahas.
|
5’
|
INTI
|
1.
Mengamati
:
· Membaca
berbagai kasus pelanggaran HAM di Indonesia dari berbagai literature dan
media cetak.
· Menyaksikan
penayangan video awal reformasi tahun 1998.
2.
Menanya
:
· Menanyakan
sebab-sebab kasus pelanggaran HAM di Indonesia.
· Menanyakan
intisari dari tayangan video.
3.
Mengumpulkan
data :
· Menentukan
sumber data akurat yang ada di lingkungan terkait dengan kasus pelanggaran
HAM di Indonesia.
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang kasus
pelanggaran HAM di Indonesia.
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang
sebab-sebab terjadinya kasus pelanggaran HAM di Indonesia.
4.
Mengasosiasikan
:
· Mencari
hubungan antara pelanggaran HAM dengan aspek social budaya dalam kehidupan
masyarakat Indonesia.
5.
Mengkomunikasikan
:
· Mempresentasikan
hasil diskusi tentang berbagai contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia.
|
20’
|
AKHIR
|
1. Bersama-sama
dengan siswa mengambil kesimpulan tentang materi ajar dan hasil belajar
2. Sebelum
KBM diakhiri, guru memberi tugas secara kelompok untuk mengidentifikasi “
macam-macam HAM yang ada di indonesia” dalam bentuk hard copy, soft copy dan
dikumpulkan minggu depan.
3. Guru
menutup KBM dengan salam
|
5’
|
VIII.
SUMBER BELAJAR / MEDIA
1. Sumber
Belajar : Buku Pelajaran PPKn SMA,
Buku Penunjang Lainnya, Media
Cetak dan elektronik, internet.
2. Media
: Papan tulis, LCD,
Power point, buku, dan masyarakat.
IX.
PENILAIAN
1. Tugas
:
·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber
tentang contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia.
·
Diskusi kelompok membahas hasil
pengumpulan data.
·
Membuat laporan hasil pengumpulan data.
·
Mempresentasikan hasil laporan di depan
kelas.
2. Observasi
:
·
Menilai kegiatan pengmatan dan Tanya jawab
dengan nara sumber berkaitan kasus
pelanggaran HAM di Indonesia.
3. Portofolio
:
·
Penilaian ini digunakan untuk menilai
hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang kasus pelanggaran HAM
yang terjadi di Indonesia.
4. Tes
:
·
Digunakan untuk menilai hasil belajar
secara individu tentang kasus pelanggaran HAM.
Tulungagung,
Maret 2016
Mengetahui
Kepala UPTD Guru
Mata PPKn
Novi Yulia Puspitasari NPM : 13187205028
Catatan Kepala Sekolah
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Lampiran
a. Lembar
observasi
Penilaian observasi
No
|
Nama siswa
|
Kesesuaian materi dengan tugas
|
Komentar terhadap materi
|
Kerapian/ penampilan
|
Jumlah
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
Dst
|
Keterangan
Kriteria
skor :
1 = sangat
kurang
2 = kurang/
jarang
3 = cukup
4 = baik/ sering
5 = sangat baik/
sangat sering
Tugas Kelompok
PENILAIAN PRESENTASI
(hasil pengumpulan
data/laporan penelitian/dll)
Tanggal /bulan/tahun :
……………………………………………………………..
Nama/kelompok : ……………………………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………………………..
Mata Pelajaran :
.…………………………………………………………….
Judul Presentasi :
…………………………………………………………….
No
|
Aspek Penilaian
|
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN GAGASAN
a.
Ide pokok laporan
b.
Keruntutan berpikir dari latar belakang, masalah, tujuan, hasil, dan
kesimpulan.
c.
Penggunaan Bahasa Indonesia.
|
15%
|
||
2
|
KEMAMPUAN MENJELASKAN ISI PRESENTASI
a.
Kelancaran penyampaian gagasan
b.
Kejelasan metode dan prosedur kerja
|
15%
|
||
3
|
KEMAMPUAN MENUNJUKKAN ORISINALITAS
a.
Bukti empirik atas argumen
b.
Konsistensi argumentasi
|
15%
|
||
4
|
KEMAMPUAN MENJELASKAN INOVASI DAN MANFAAT
a.
Sifat kebaruan hasil karya
b.
Kesesuaian antara materi penulisan dengan penugasan dari guru
|
15%
|
||
5
|
KEMAMPUAN MEMPERTAHANKAN KONSEP DALAM MENJAWAB PERTANYAAN
|
20%
|
||
a. Kemampuan berargumentasi, ketangguhan
dan konsistensi, berkomunikasi lisan
b.
Keruntutan dalam penalaran
c.
Ketepatan dalam menjawab pertanyaan
d.
Akurasi uraian materi dengan kesimpulan
|
||||
6
|
KEMAMPUAN MENJELASKAN HASIL
|
15%
|
||
a. Originalitas atas keaslian karya
b.
Keefektifan atau pencapaian tujuan/prestasi
c.
Dampak atau manfaatnya
|
||||
7
|
SIKAP DALAM PRESENTASI
|
5%
|
||
a. Kerapihan
b. Kesopanan
|
Tugas Individu
PENILAIAN PORTOFOLIO
(hasil pengumpulan data/laporan
penelitian/dll)
Tanggal /bulan/tahun : ……………………………………………………….
Nama peserta didik : ……………………………………………………….
Kelas/Semester : ……………………………………………………….
Mata Pelajaran :
.……………………………………………………….
No
|
Komponen Portofolio
|
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
KERUNTUTAN PENYUSUNAN PORTOFOLIO
a.
Runtut dari tugas awal sampai akhir (lengkap)
b.
Runtut berdasarkan hari, tanggal, bulan dan tahun
|
25%
|
||
2
|
KELENGKAPAN PORTOFOLIO
a.
Lengkap setiap Kompetensi Inti dan Kompentensi Dasar
|
25%
|
||
3
|
KERAPIAN PENYUSUNAN PORTOFOLIO
a.
Rapi dan tidak kotor
|
25%
|
||
4
|
KEBERMANFAATAN PORTOFOLIO
a.
Bermanfaat untuk perbaikan dimasa depan
|
25%
|
Penilaian Diri
Nama :
Kelas :
No
|
Deskripsi kriteria pembelajaran yang diharapkan
|
PenilaianDiri
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menampilkan perilaku baik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
Melaksanakan ibadah ritual sesuai dengan agama dan keyakinannya
|
1
|
2
|
3
|
4
|
3
|
Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila
|
1
|
2
|
3
|
4
|
4
|
Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang
terkandung dalam Pembukaan UUD 1945
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Menampilkan perilaku yang sesuai nilai-nilai yang terkandung
dalam pasal-pasal UUD 1945 dalam berbagai aspek kehidupan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
6
|
Menampilkan perilaku toleransi antarumat beragama
|
1
|
2
|
3
|
4
|
7
|
Menampilkan perilaku toleransi antar umatberagama
|
1
|
2
|
3
|
4
|
8
|
Menampilkan perilaku musyawarah mufakat dalam kehidupan
sehari-hari
|
1
|
2
|
3
|
4
|
9
|
Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM yang terjadi di
lingkungan sekitar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
10
|
Mengidentifikasi hak dan kewajiban warga Negara Indonesia
|
1
|
2
|
3
|
4
|
11
|
Mengidentifikasi bentuk pelanggaran hak warga Negara
|
1
|
2
|
3
|
4
|
12
|
Memberikan contoh kasus pelanggaran HAM di lingkungan keluarga,
sekolah dan masyarakat
|
1
|
2
|
3
|
4
|
13
|
Mengamati data tentang kasus-kasus pelanggaran HAM
|
1
|
2
|
3
|
4
|
14
|
Menanya data tentang kasus-kasus pelanggaran HAM
|
1
|
2
|
3
|
4
|
15
|
Mengumpulkan data tentang kasus-kasus pelanggaran HAM
|
1
|
2
|
3
|
4
|
16
|
Mengolah data tentang kasus-kasus pelanggaran HAM
|
1
|
2
|
3
|
4
|
17
|
Menyajikan data tentang contoh kasus-kasus pelanggaran HAM
|
1
|
2
|
3
|
4
|
18
|
Mencapai KKM yang telah ditetapkan (75)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Keterangan :
1 = kurang 3 = baik
2 = cukup 4 = sangat
baik
Ulangan Harian
A. Berilah tanda ceklist (v) pada kolom benar atau salah!
No
|
Pertanyaan
|
Benar
|
Salah
|
Alasan
|
1
|
Seorang majikan dapat menyuruh pembantunya
untuk khusus melayani selama 24 jam, karena dia sudah membayar untuk itu.
|
|||
2
|
Seorang gubernur dapat menggusur pedagang kaki
lima sesuai dengan kebijakan pemerintah.
|
|||
3
|
Seorang anak dapat menuntut orang tuanya yang
penghasilannya pas-pasan untuk membeli montor baru karena memang kewajiban
orang tua untuk memenuhi hak anaknya.
|
|||
4
|
Seorang siswa tidak dapat mengikuti
pembelajaran jika belum melunasi administratif.
|
|||
5
|
Anggota masyarakat tidak berhak untuk
menikmati fasilitas PLN maupun Telkom jika tidak memenuhu kewajiban membayar
pada tepat waktunya.
|
B.
Jawablah pertanyaan berikut ini!
1.
Apa yang dimaksud dengan pelanggaran HAM ?
2.
Jelaskan bentuk-bentuk pelanggaran HAM ?
3.
Apakah yang dimaksud dengan pelanggaran HAM berat?
4.
Bagaimana upaya pemerintah dalam
menanggulangi pelanggaran hak di Indonesia?
5.
Mengapa
tidak seorang manusiapun yang dibenarkan merenggut/merampas hak
dasar itu kepada orang lain ?
dasar itu kepada orang lain ?
No comments:
Post a Comment