(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Semangat
Kebangsaan
Tahun : 2016/2017
Kelas/Semester : X/1
Alokasi
Waktu : 2 x 30 Menit
I.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianut
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsive dan pro aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan,kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkrit dan ranah abstrak dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
disekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
II. KOMPETENSI DASAR
Menunjukkan semangat
kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara.
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
No
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
|
1
|
Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
|
2
|
Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
|
|
|
3
|
Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan
|
|
|
4
|
Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
· Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
1
Siswa
dapat mengkaji dari literatur tentang semangat kebangsaan
dan patriotisme
dan nasionalisme Indonesia, macam-macam perwujudan nasionalisme
2
Siswa
dapat mendiskusikan hasil kajian literatur tentang
pengertian nasionalisme serta menunjukkan bersikap positif terhadap nasionalisme
dan patriotisme Indonesia
V.
MATERI PEMBELAJARAN
·
Semangat
kebangsaan (nasionalisme dan patriotisme)
ü Makna
nasionalisme
ü Makna
patriotisme
·
Macam-macam
perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
·
Tata cara penerapan
nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan
VI.
METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah Bervariasi
2. Tanya
Jawab
3. Diskusi
Kelompok
4. Penugasan
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
|
·
Memahami hakekat
bangsa dan NKRI.
·
Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan
patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
|
·
Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan
|
· Siswa Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan.
|
VII.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
|
No
|
Kegiatan
Belajar
|
Waktu
(
Menit )
|
Aspek
lifeskill yang dikembangkan
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
|
1.
|
Pendahuluan
- Memberikan
salam siswa
- Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
|
5’
|
- Disiplin
- Kerjasama
- Keterampilan
|
|
|
2.
|
Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
F Menjelaskansemangat
kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
F mendiskusikan
hasil kajian literatur tentang pengertian nasionalisme serta menunjukkan
bersikap positif terhadap nasionalisme dan patriotisme Indonesia.
F Tanya
jawab
F Latihan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
20’
|
- Kerjasama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji
diri
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
|
3.
|
Penutup
- Evaluasi
/ Tanya jawab
- Penenangan
|
5’
|
- Pengendalian
diri
|
|
VIII. PERANGKAT PEMBELAJARAN
Ø Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra.
Retno Listyarti
Ø Anhar
Gonggong (2002), Nasionalisme sebuah kajian sejarah, (makalah sarasehan antar
generasi) Departemen Sosial, Jakarta
Ø
Hans Kohn (1961),
Nasionalisme arti dan sejarahnya, Jakarta: PT Pembangunan Djakarta.
Ø Media
: Papan tulis, LCD, Power
point, buku, dan masyarakat.
IX.
PENILAIAN
1. Tugas
:
·
Diskusi kelompok membahas hasil
pengumpulan data.
·
Membuat laporan hasil pengumpulan data.
·
Mempresentasikan hasil laporan di depan
kelas.
2. Observasi
:
·
Menilai kegiatan pengmatan dan Tanya
jawab dengan nara sumber berkaitan
semangat kebangsaan.
3. Portofolio
:
·
Penilaian ini digunakan untuk menilai
hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang semangat kebangsaan.
4. Tes
:
·
Digunakan untuk menilai hasil belajar
secara individu tentang semangat kebangsaan.
Tulungagung, Maret 2016
Mengetahui
Kepala UPTD Guru
Mata PPKn
Crisda
Emiliyanti
NPM
: 13187205040
Catatan Kepala Sekolah
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
LAMPIRAN
1. Penilaian untuk kegiatan Diskusi Kelompok
|
No
|
Nama
|
Mengkomunikasikan
(1-4)
|
Mendengarkan
(1-4)
|
Berargumentasi
(1-4)
|
Berkontribusi
(1-4)
|
Jumlah skor
|
|
1.
|
Kelompok 1
|
|||||
|
2.
|
Kelompok 2
|
|||||
|
3.
|
Kelompok 3
|
|||||
|
4.
|
Kelompok 4
|
Nilai=
jumlah skor dibagi 4
Keterangan:
a. Keterampilan
mengkomunikasikan adalah kemampuan siswa untuk mengungkapkan atau menyampaikan ide
atau gagasan dengan bahasa lisan yang efektif.
b. Keterampilan
mendengarkan dipahami sebagai kemampuan siswa untuk tidak menyela, memotong,
atau menginterupsi pembicaraan seseorang ketika sedang mengungkapkan
gagasannya.
c. Kemampuan
berargumentasi menunjukkan kemampuan siswa dalam mengemukakan argumentasi logis
ketika ada pihak yang bertanya atau mempertanyakan gagasan.
d. Kemampuan
berkontribusi dimaksudkan sebagai kemampuan siswa memberikan gagasan-gagasan
yang mendukung atau mengarah ke penarikan kesimpulan termasuk di dalamnya
menghargai perbedaan pendapat.
e. Kriteria
Penilaian :
|
Kriteria Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
|
70-79
|
Baik
|
3
|
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
2. Penilaian Presentasi
|
No
|
Nama
|
Menjelaskan
(1-4)
|
Memvisualkan
(1-4)
|
Merespon
(1-4)
|
Jumlah skor
|
|
1.
|
Kelompok 1
|
||||
|
2.
|
Kelompok 2
|
||||
|
3.
|
Kelompok 3
|
||||
|
4.
|
Kelompok 4
|
Nilai=
jumlah skor dibagi 3
Keterangan:
a. Keterampilan
mejelaskan adalah kemampuan menyampaikan hasil observasi dan diskusi secara
meyakinkan.
b. Keterampilan
memvisualisasikan berkaitan dengan kemampuan siswa untuk membuat atau mengemas
informasi seunik mungkin, semenarik mungkin atau sekreatif mungkin.
c. Keterampilan
merespon adalah kemampuan siswa menyampaikan tanggapan atas pertanyaan,
bantahan, sanggahan dari pihak lain secara empatik.
d. Skor
terentang antara 1-4
e. Kriteria
Penilaian :
|
Kriteria Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
|
70-79
|
Baik
|
3
|
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
3. Lembar
observasi
Penilaian observasi
|
No
|
Nama siswa
|
Kesesuaian materi dengan tugas
|
Komentar terhadap materi
|
Kerapian/ penampilan
|
Jumlah
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Kriteria
skor :
1 = sangat
kurang
2 = kurang/
jarang
3 = cukup
4 = baik/ sering
5 = sangat baik/
sangat sering
4. Lembar penilaian portofolio
|
No
|
Aspek*
|
Skor (1-5)
|
|
1.
|
Perencanaan:
a. Persiapan
b. Rumusan Judul
|
|
|
2.
|
Pelaksanaan
a. Sistematika Penulisan
b. Keakuratan Sumber Data/Informasi
c. Kuantitas Sumber Data
d. Analisis Data
e. Penarikan Kesimpulan
|
|
|
3.
|
Laporan Proyek
a. Performans
b. Presentasi / Penguasaan/Peragaan
|
|
|
Total Skor Max
|
||
|
Nilai = skor perolehan
|
||
|
Komentar Orang Tua Murid
|
||
Keterangan
Kriteria
skor :
1 = sangat
kurang
2 = kurang/
jarang
3 = cukup
4 = baik/ sering
5 = sangat baik/
sangat sering
Tes
tertulis bentuk essay
1. Apa yang
dimaksud nasionalisme dan patriotisme?
2. Apa yang kamu ketahui tentang semangat
kebangsaan?
3. Bagaimana
cara kita sebagai siswa menumbuhkan rasa semangat kebangsaan?
4. Bagaimana
jika semangat kebangsaan sudah melemah dilihat dari segi kemajemukan sosial?
Penilaian
Setiap
soal apabila benar (dengan sempurna) diberi skor 25, apabila keliru(tidak
sempurna) diberi skor dibawah 25 (sesuai kebijakan guru), dan apabila salah
sama sekali diberi skor 0. jadi nilai tertinggi adalah 100 dan terendah 0.
No comments:
Post a Comment